Pages

Senin, 10 Juni 2013

Pengertian VGA dan Fingsinya

VGA Card merupakan perangkat keras komputer (Hardware) yang secara umum berfungsi sebagai data pemrosesan dalam bentuk Visual yang nampak pada layar monitor / LCD.  VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphic Accelerator (bahasa asing). Disebut VGA karena memiliki fungsi sebagai rendering data yang diolah melalui VGA sehingga jika kita menghubungka melalui kabel monitor akan tampak visual.

Seperti   yang telah kita ketahui ada dua (2) jenis VGA yang sekarang beredar dipasaran, yaitu Onboard VGA dan ADD ON VGA

1. Onboard VGA

ON Board VGA for Motherboard Computer
Disebut Onboard VGA karena secara fisik VGA menjadi 1 block dengan papan motherboard. Onboard VGA pada CPU Komputer lebih praktis sehingga sampai saat ini pengguna VGA onboard pada Motherboard masih menjadi alternatif.
2. ADD ON VGA Card

ADD ON VGA Card for Motherboard Computer
Disebut Add On VGA karena dilihat dari fisik VGA ini terpisah tersendiri dengan motherboard. Add On VGA bisa dilepas dan dipasang pada motherboard lain yang memiliki support Requirement. Lain halnya dengan Onboard VGA yang memilili sifat dan fisik permanent dan tidak bisa dipindah / dipasang pada motherboard lain. Vga jenis Add On banyak kita jumpai ditoko-toko komputer dan sampai sekarang masih diproduksi untuk kebutuhan konsumen.
Ada 2 (dua ) jenis VGA Add on yaitu AGP VGA dan PCI VGA
AGP VGA CARD
AGP vga Card
Semua merk dan Seri VGA AGP jenis apapun memiliki slot fisik yang sama, biasanya yang membedakan adalah bentuk fisik dan kapasitas VGA itu sendiri. Untuk konektor yang menancap pada papan motherboard memiliki slot yang sama persis.
Jenis VGA AGP akan kita jumpai pada komputer-komputer lama seperti pentium 2, pentium 3 dan pentium 4  socket 478. Messkipun beberapa pabrik merk masih memproduksi jenis VGA  AGP, namun diproduksi dalam jumlah sedikit, hal ini karena faktor perubahan pada pengguna sudah sangat jarang.
PCI VGA CARD
PCI VGA Card
PCI VGA merupaka generasi VGA dari jenis AGP. PCI VGA populer dengan nama PCI Express VGA. PCI VGA dimulai dari PCI VGA seri DDR 1 sampai seri DDR 5 hingga saat ini. Dukungan hardware seperti motherboard, Processor, Memory dan Power Supply menjadikan Jenis PCI VGA banyak diminati terutama oleh para Gamers.

Baik AGP maupun PCI VGA memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai data process Visual. Hal ini tidak ada yang beda baik Onboard VGA, AGP, maupun PCI VGA. Dari masing-masing VGA memiliki kemampuan yang perbeda, hal ini bisa dilihat dari jenis dan seri VGA yang digunakan. Semakin tinggi seri VGA akan semakin baik hasil Visual yang didapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar